Syafi'i Blog's'

Selasa, 16 Desember 2008

INSTALL JAVA DAN NETBEANS DI LINUX + SET PATH

Beberapa bulan yang lalu saya tertarik untuk mempelajari pemrograman java, tapi saya ingin membuat nya di linux. Tapi setelah satu bulan mempelajarinya, saya malah menjadi bingung dengan konsepnya, jadinya saya putuskan untuk belajar algoritma dan struktur data dulu dengan program c ( di kampus saya UKDW memang menggunakan bahasa c ). Lanjutya, tentang java di linux. Pertama dan yang paling pokok anda haurs menginstal jdk. Anda bisa mencari jdk versi terbaru dari java sun di http://www.java.sun.com, saya menggunakan jdk-6u6-linux-i586.bin, waktu itu versi terbarunya. Kemudian jika anda membutuhkan IDE anda bisa menggunakan netbeans. Saya menggunakan netbeans versi 6.1, kalau semuanya sudah siap, sekarang tinggal kita menginstall keduanya.
1. buat kedua file menjadi executable
#chmod +x jdk……….bin
#chmod +x netbeans …..sh

2. install dengan perintah:
#./jdk……………..bin
#./netbeans………….sh

3. jdk diinstall terlebih dahulu.

4. baru install netbeans

5. set PATH
buat file di folder /etc/profile.d/ , dan beri nama java.sh
/etc/profile.d/java.sh
kemudian tuliskan script berikut:
PATH=/usr/src/jdk1.6.0_06/bin:$PATH:$HOME/bin:./
export PATH
export JAVA_HOME=/usr/src/jdk1.6.0_06
export CLASSPATH=/usr/src/jdk1.6.0_06/lib/tools.jar:/usr/src/jdk1.6.0_06/jre/lib/rt.jar:./

letak foldernya optional, tergantung kita menginstall jdk_nya.

6. jadikan file java.sh executable
Dari konsole pindahkan ke folder profile.d, kemudian
#chmod +x java.sh

7. logout dan login lagi, buka text editor ( Kwrite ) dan tes dengan script berikut:
Tuliskan script berikut:
class tes java{
public static void main(String[] args){
System.out.println(“hore saya bisa install serta set PATH java di linux”):
}
}
Lalu simpan dengan nama tes.java.
Setelah itu compile dengan perintah
#javac tes.java
Jika berhasil akan membentuk file tes.class, lalu jalankan dengan perintah
#java tes
Maka akan muncul tulisan
hore saya bisa install serta set PATH java di linux

Script set PATH ini sudah saya coba di PclinuxOS 2007, dan Slackware 12.1, dan semuanya berhasil dengan mulus.

salam syafii jauhari

1 komentar:

Anonim mengatakan...

daripada repot2 mending download Netbeans yang sudah dibundle JDK nya

Template by : auraipank x-template.blogspot.com