Syafi'i Blog's'

Selasa, 16 Desember 2008

Instal Java di Linux

Anda tahu Java? Tentu yang dimaksud di sini bukan kopi Java atau nama suatu pulau di Indonesia. Java di sini maksudnya adalah suatu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystem.
Konon perancang bahasa pemrograman Java ini sangat suka dengan kopi Java sehingga bahasa pemrograman yang ia kembangkan diberi nama dengan Java. Bahkan simbolnya pun berupa secangkir kopi yang masih mengepul.
Java ini sangat populer dan banyak dipakai untuk mengembangkan aplikasi pada level enterprise dan mobile.  Di handphone Anda pasti terinstall game. Nah ada kemungkinan game di handphone Anda tersebut dibuat dengan Java. Masih banyak lagi contoh aplikasi lain yang dikembangkan dengan Java.
Pada artikel ini saya akan membahas gimana caranya menginstall Java di Linux. Klik di sini untuk mendownload Java.



Pilih Java SE Development Kit (JDK) 6 Update 11 (versi saat artikel ini ditulis) jika Anda ingin memakainya untuk keperluan development di Linux.



Ada dua jenis paket instalasi Java yang tersedia, yaitu Linux RPM (Redhat Package Manager) dan Linux Self-Extracting Binary.



Instalasi Dengan Paket RPM

Untuk bisa menginstall dengan RPM Anda harus memiliki paket RPM di komputer Linux Anda. Paket RPM ini biasanya dipakai pada distro Linux yang menggunakan paket manager RPM, misalnya RedHat dan Fedora.

Setelah file berhasil didownload, buka direktori tempat file tersebut berada. Pastikan bahwa file yang Anda download tersebut memiliki hak akses executable. Lalu eksekusi file tersebut (dengan user root).

root@syafii:~# cd
root@syafii:~# chmod a+x jdk-6u11-linux-i586-rpm.bin
root@syafii:~# ./jdk-6u11-linux-i586-rpm.bin

Anda harus menyetujui poin-poin dalam License Agreement agar bisa menginstall Java di Linux. Jika proses instalasi tersebut berhasil, maka file executable Java akan diletakkan pada folder /usr/java/jdk1.6.0.

Instalasi Dengan Paket Self-Extracting Binary

Proses instalasi dengan paket binary hampir sama dengan proses instalasi sebelumnya.

root@syafii:~# cd
root@syafii:~# chmod a+x jdk-6u11-linux-i586.bin
root@syafii:~# ./jdk-6u11-linux-i586.bin

0 komentar:

Template by : auraipank x-template.blogspot.com