Syafi'i Blog's'

Kamis, 07 Agustus 2008

Bicara Gratis Dengan PDA & VoIP

pernah terpikirkan jika semua kantor cabang sudah mempunyai infrastruktur yang baik ? dengan memanfaatkan teknologi sekarang, kita bisa menggunakan PDA apa saja yang sudah ada WiFi agar dapat menggunakan fasilitas Telpon via VoIP. (disini akan dibahas bagaimana menelpon user yang teregister dengan VoIP bukan ke PSTN / POTS)

untuk men-setup VoIP pada PDA anda, pertama anda harus yakin dulu PDA anda support WiFi dan memiliki VoIP
Software, voip software ini sendiri dapat di download secara gratis di http://www.sjlabs.com/sjp.html

misal, pada contoh tulisan ini menggunakan HP IPaQ 6365 PDA/Phone, dan VoIP softwarenya saya menggunakan SJPhone untuk Pocket PC by SJ Labs.

SJPhone sudah mensupport protokol SIP dan H.323 untuk VoIP. pada dasarnya SJPhone hanya mengizinkan anda untuk menelpon sesama anda didalam local area network / network WiFi. seperti halnya sekarang di BRR yang mana seluruh jaringan sudah tersambung baik dan WiFi sudah tersambung di seputaran BRR, selama anda masih berada pada area yang terhubung dengan WiFi melalui PDA, maka anda bisa menghubungi siapa aja yang sudah terdaftar di voip.brr.go.id, tetapi anda tidak bisa menelpon di luar network BRR atau menelpon ke Analog Phone (traditional phone) kecuali anda memiliki Account di salah satu VoIP Provider di Internet :)

mari kita coba menginstall SJPhone pada PDA anda, disini HP IPAQ 6365 and mencoba nya untuk menelpon komputer lain yang terhubung ke jaringan melalui LAN.

Pertama sekali, download file SJPhone dari website, klik disini. ketika anda sudah mendownload file .CAB untuk PDA anda, install file tersebut dengan cara meng-kopinya ke PDA. setelah pengkopian selesai, pada PDA anda, klik file .CAB tersebut untuk memulai instalasi.


ketika installasi berjalan, anda juga akan di minta untuk mengatur audio pada PDA, silahkan di ikuti arahan dari instalasi tersebut, jika audio berhasil di setup, sekarang anda sudah bisa melakukan local phone melalui aplikasi sjphone :)

0 komentar:

Template by : auraipank x-template.blogspot.com